Wisata Alam Kalibiru

Salah satu hal yang menyenangkan di Wisata Alam Kalibiru adalah adanya spot foto yang super keren, yang akan kami bahas setelah ini. Lokasi wisata ini sendiri ada pada ketinggian 450 Meter dpl pada perbukitan Menoreh, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Kalibiru sendiri didominasi perbukitan dan di dalam areal hutan lindung.

Peta/Rute

Anda dapat menggunakan 2 rute, rute Sermo atau rute Clereng. Namun kami akan memberikan informasi salah satu rutenya saja. Kami sendiri merekomendasikan rute Clereng, karena medan yang Anda tempuh tak seberat rute Sermo, selain itu waktu tempuhnya pun lebih cepat. Untuk melalui rute Clereng, jika berangkat dari kota Yogyakarta, ambillah jalur Sentolo – Pengasih, namun pada perempatan, Anda ambil ke arah kanan yang menuju Clereng – Kalibiru. Hati-hati! Jangan sampai terlewat. Sesudah tiba di lokasi pasar (Kecil) Clereng, kurang lebih 300 M, Anda akan menemukan jembatan, lokasinya persis pada tikungan. Sesudah jembatan, kurang lebih 20 M, ada plang kecil petunjuk arah untuk ke Kalibiru, petunjuk arah belok ke kiri.

Pohon Foto

Di wisata Kalibiru sudah disediakan spot foto untuk yang gemar narsis, atau ingin berfoto romantis bersama pasangan. Spot foto tersebut tidak lain dikenal sebagai “Pohon foto”. Jadi sesuai namanya, ini merupakan spot foto di sebuah pohon, yang telah dipasang papan kayu, bisa untuk berdiri maupun duduk. Tentunya, yang menarik di pohon foto adalah background perbukitan dan bendungan Sermo. Selain pohon foto, juga ada fasilitas lainnya yang tidak kalah menarik, yakni jembatan kayu, panjat batu, berjalan di tali tunggal, berjalan di atas jaring, flying fox, juga ada fasilitas bermain dengan bergelantung pada seutas tali kemudian meluncur ke bawah - Lalu mendarat di papan atas pohon. Semua permainan tersebut sangat cocok untuk Anda yang ingin wisata alam namun juga menikmati wisata adventure yang dapat memacu adrenaline. Khususnya untuk anak muda.

Jalur Trekking dan Kuliner

Aktivitas menarik lainnya yang tak boleh terlewatkan yakni melewati jalur trekking yang sudah disediakan, dan yang terpenting untuk menggunakan fasilitas jalur trekking ini GRATIS! Terakhir, sudah pasti Anda dan keluarga akan merasa lapar setelah bermain dan menikmati pesona alam Kalibiru, Anda bisa menikmati kuliner di lokasi tersebut. Ada banyak warung yang menggunakan konsep kafe, bahkan juga ada warung lesehan. Jangan lupa siapkan uang tambahan untuk membeli makanan dan minuman di sini, jika Anda tak menyiapkan bekal sendiri dari rumah.

HTM Wisata Alam Kalibiru

Dengan tiket masuk yang hanya sebesar Rp 3.000 saja Anda sudah bisa memasuki kawasan Wisata Alam Kalibiru ini.