Tips

Kota Jogja adalah salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Ini karena di Kota Jogja ada tempat wisata untuk siapapun juga. Ada tempat wisata yang cocok untuk anak-anak, dan orang dewasa. Jika dilihat dari jenis tempat wisatanya, ada wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata religi, dan beberapa jenis lainnya. Jadi, siapapun, dan apapun minat mereka, pasti bisa menemukan tempat yang pas di kota ini. Karena telah menjadi salah satu tempat tujuan wisata terfavorit di Indonesia, tidak heran jika setiap liburan panjang pasti kota ini dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan sebenarnya tidak hanya saat liburan panjang saja. Weekend biasa pun (bukan long weekend), kota ini pasti lebih ramai dibandingkan hari-hari biasa. Hanya saja, memang, pada weekend biasa, wisatawan yang memenuhi kota ini adalah mereka yang berasal dari kota-kota yang relatif dekat dengan Kota Jogja, seperti Magelang, Solo, Semarang, dan yang lainnya. Sedangkan saat long weekend atau musim liburan, banyak yang berasal dari kota-kota lainnya yang sangat jauh, seperti Jakarta, Bandung, Palembang, Bali, dan masih banyak lagi.

Orang lebih suka berkunjung ke Kota Jogja saat long weekend atau liburan panjang. Kenapa? Karena ada begitu banyak hal yang menarik di kota ini, dan jika hanya 1 atau 2 hari saja pasti tidak cukup untuk mengunjungi semuanya. Apalagi mengingat bahwa saat musim liburan jalanan utama di kota ini pasti padat, atau bahkan macet. Ini karena sebagian besar wisatawan yang datang ke kota ini membawa kendaraan sendiri. Padahal sebenarnya, akan lebih nyaman jika mereka tidak membawa kendaraan sendiri. Lalu bagaimana mereka bisa menjelajahi kota ini jika tidak membawa kendaraan? Para wisatawan bisa menyewa mobil berikut dengan sopirnya. Di Kota Jogja ada banyak rental mobil seperti http://www.cvtugurentcar.com/ yang selalu siap dengan armada mereka. Banyak orang yang berpikir bahwa menyewa mobil, apalagi plus sopirnya, pasti mahal. Padahal sama sekali tidak mahal. Dan tentunya, menyewa mobil memberikan banyak keuntungan dibandingkan dengan membawa kendaraan pribadi. Yang jelas, dengan menyewa mobil, para wisatawan tidak perlu membuang tenaga untuk mengemudi sendiri. Mereka bisa lebih fokus untuk menikmati liburan mereka, dan tidak perlu stres menghadapi lalu lintas yang pasti padat.

Berbicara soal biaya sewa mobil di Yogyakarta, sebenarnya itu tergantung dari mobil apa yang disewa. Kalau yang disewa itu mobil seperti Avanza atau Xenia, tarifnya tidak mahal. Tapi memang, kedua tipe mobil ini ukurannya tidak terlalu besar. Kalau berlibur dalam rombongan yang jumlahnya 7 orang, pasti sesak di dalam mobil. Untuk jumlah 7 orang sebaiknya menyewa Innova saja. Tarifnya masih terjangkau. Kalau ingin yang lebih mewah lagi, ada beberapa rental mobil yang menawarkan Alphard. Tapi kalau yang disewa Toyota Alphard, nah tentu saja mahal tarifnya.