Tips

Ada hal yang menarik di Kota Jogja. Dulu, sebagian besar tempat nongkrong adalah semacam kedai kopi. Tapi beberapa tahun belakangan ini, banyak tempat nongkrong baru yang konsepnya kedai susu. Jadi, di tempat-tempat nongkrong ini kita bisa "nongkrong sehat" karena yang diminum kan susu, yang kita semua tahu bahwa itu baik untuk kesehatan. Tapi ini tidak berarti bahwa kedai-kedai susu itu tidak menawarkan menu kopi lho. Biasanya tetap ada menu kopi, seperti kopi susu, latte, cappuccino, dan yang lainnya. Dan tentunya, berbagai makanan dari makanan kecil (snack) sampai makanan yang mengenyangkan biasanya juga tersedia. Kedai-kedai susu di Jogja biasanya letaknya di kawasan yang banyak mahasiswanya. Mungkin karena memang yang paling hobi nongkrong adalah para mahasiswa.

Harga susu yang ditawarkan di kedai-kedai susu sangat beragam. Ada yang murah, mulai dari Rp. 4.000 an saja, dan ada juga yang menunya mahal-mahal, sampai sekitar Rp. 17.000 hanya untuk milkshake coklat. Tapi karena memang peminatnya banyak, hampir semua kedai susu di Jogja relatif ramai oleh pengunjung. Biasanya para pengunjung kedai susu menghabiskan waktu setidaknya setengah jam di tempat tersebut. Tapi, tidak jarang juga ada yang nongkrong sampai berjam-jam, terutama di kedai-kedai susu yang fasilitasnya lengkap, ada AC, dan hotspot. Selain menerima pengunjung yang datang ke kedai mereka, sebagian besar kedai susu di Yogyakarta juga menerima order via delivery. Tapi mereka tidak mempunyai armada delivery sendiri. Biasanya pembeli lah yang memesan susu melalui jasa Go-Food.

Nongkrong sambil minum susu yang diolah dengan berbagai tambahan bahan yang nikmat seperti kopi, jahe, coklat, dan yang lainnya memang sangat nikmat. Dan tentunya, sebagian besar pelanggan tidak keberatan membayar harga susu yang terkadang relatif mahal. Sebenarnya warga Jogja yang memang gemar minum susu tidak perlu repot-repot datang ke kedai susu hanya untuk minum susu. Mereka bisa pesan susu dari supplier Susu Murni Jogja yang akan mengantarkan susu sapi murni yang sudah dipasteurisasi ke alamat pembeli. Ada beberapa keuntungan dari membeli langsung dari supplier semacam ini. Yang pertama tentunya penghematan, karena harganya jauh lebih murah dibandingkan pergi ke kedai susu. 1 liter susu sapi murni harganya hanya sekitar Rp. 10.000 saja. Jika ditakar dengan gelas, itu setara dengan 3 sampai 4 gelas. Sangat murah kan? Dan tentunya jika kita membeli langsung dari supplier, kesegaran susu dan kemurniannya terjamin.

Tapi tentu saja itu semua tergantung dari selera masing-masing. Bagi para mahasiswa dan mereka yang masih muda, tentunya lebih asyik nongkrong di kedai susu daripada minum susu di rumah :) . Apalagi mengingat bahwa menyimpan susu segar harus di dalam kulkas, dan tidak semua anak kos punya kulkas.