Tempat Wisata di Jogja

Berlibur memang sangat menyenangkan. Dan saat berlibur, biasanya orang mengunjungi tempat-tempat wisata, atau landmarks terkenal di kota tersebut. Jika anda berencana berlibur ke Yogyakarta, anda telah menemukan sumber informasi paling akurat dan up to date. Kami menyediakan informasi lengkap mengenai pariwisata di Kota Jogja. Dan karena situs ini dibuat oleh kami yang memang asli Jogja, anda dapat menemukan berbagai informasi unik yang biasanya tidak disediakan oleh situs wisata biasa.

Halaman ini berisi daftar tempat-tempat wisata di Jogja yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata di Yogyakarta pada umumnya terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu wisata alam, belanja, budaya, dan religi, walaupun memang kategori terakhir ini jumlahnya tidak terlalu banyak. Klik pada nama objek wisata untuk mendapatkan informasi lebih detil dan melihat galeri foto.

daftar tempat wisata di Jogja

 

Wisata Budaya/Sejarah

  • Kraton Yogyakarta : Tempat yang wajib dikunjungi saat berwisata di Yogyakarta.
  • Jalan Malioboro : Jalan paling terkenal di Yogyakarta. Ini adalah tempat yang seakan-akan wajib dikunjungi oleh para wisatawan karena telah menjadi semacam icon Kota Jogja. Ada banyak pedagang kaki lima yang menjual aneka suvenir. Cocok untuk para wisatawan yang ahli dalam tawar menawar harga. Dan memang barang apapun harus ditawar. Karena kalau tidak ditawar, biasanya harga yang dipasang relatif mahal.
  • Museum Benteng Vredeburg : Benteng bersejarah difungsikan sebagai museum. Pada waktu-waktu tertentu benteng tersebut juga menjadi tempat diadakannya event-event menarik.
  • Taman Sari
  • Candi Prambanan : Candi Hindu terbesar di Indonesia dan terindah di wilayah Asia Tenggara.
  • Candi Borobudur : Candi Buddha terbesar di dunia, terletak di wilayah Magelang.

 

Wisata Alam

  • Pantai Indrayanti : Pantai dengan hamparan pasir putih indah. Nama resmi objek wisata ini sebenarnya adalah Pantai Pulang Syawal.
  • Pantai Parangtritis : Pantai dengan gumuk pasir, sering digunakan untuk shooting film dan tempat pengambilan foto.
  • Pantai Krakal : Pantai berbatu karang dengan beragam ikan hias cantik.
  • Pantai Kukup : Pantai dengan keindahan mirip Tanah Lot Bali.
  • Pantai Baron : Pantai nelayan lengkap dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), cocok untuk para wisatawan yang ingin membeli hasil laut dengan harga murah.
  • Kebun Buah Mangunan : Kebun buah seluas 23,3 hektar dengan ribuan pohon buah dan fasilitas lengkap. Terletak di daerah berudara sangat sejuk. Ini adalah tempat wisata yang cocok untuk siapa saja, baik tua maupun muda.
  • Air Terjun Sri Gethuk : Air terjun indah yang lokasinya tersembunyi. Untuk sampai ke lokasi air terjun para pengunjung harus naik rakit, atau berjalan cukup jauh.
  • Goa Pindul : Para wisatawan dapat menikmati sensasi cave tubing. Objek wisata ini cocok bagi siapapun yang berjiwa petualang.
  • Gunung Purba Nglanggeran : Gunung tersebut dulunya merupakan gunung berapi aktif.
  • Wisata Alam Kalibiru : Hutan di Kabupaten Kulon Progo ini menawarkan keindahan pemandangan alam perbukitan. Lokasi ini sangat disukai oleh para penggemar fotografi. Tersedia fasilitas lengkap termasuk penginapan.
  • Pantai Wedi Ombo : Pantai dengan kolam renang alami unik.
  • Pantai Goa Cemara : Pantai dengan ribuan pohon cemara rindang. Para pengunjung bisa menikmati suasana pantai sambil berteduh di bawah pepohonan. Sangat cocok untuk piknik sekeluarga.
  • Hutan Pinus Mangunan : Hutan pinus dengan udara pegunungan segar. Di tempat ini ada banyak spot bagus untuk berfoto. Hutan ini juga sangat pas untuk piknik bersama keluarga.
  • Pantai Pok Tunggal : Pantai terpencil dengan hamparan pasir putih indah. Karena terpencil biasanya relatif sepi jika dibandingkan pantai lainnya. Cocok untuk bersantai.
  • Pantai Baru : Pantai dengan warung-warung makan penjual seafood dengan harga yang tentunya jauh lebih murah dibandingkan restoran seafood. Para pengunjung juga bisa menyewa ATV dan menikmati sensasi menjelajahi pantai naik ATV. Jika membawa anak kecil, mohon ekstra hati-hati karena banyak ATV lalu lalang, dan tidak jarang agak ngebut.

 

Wisata Pendidikan

  • Taman Pintar : Objek wisata ini menggabungkan antara ilmu pengetahuan dengan hiburan. Tempat ideal untuk bermain sambil belajar.
  • Kebun Binatang Gembira Loka : Kebun binatang dengan koleksi binatang sangat lengkap serta berbagai wahana menarik.

 

Wisata Modern & Unik

  • De MATA Trick Eye Museum : Museum dengan koleksi gambar-gambar 3D. Cocok untuk para wisatawan yang gemar berfoto atau selfie. Gambar-gambar baru ditambahkan secara rutin ke koleksi museum ini.
  • Taman Pelangi : Taman dengan berbagai lampion yang unik. Lebih pas untuk dikunjungi saat sore atau malam hari. Selain lampion juga tersedia berbagai wahana menarik dan kios-kios penjual aneka makanan serta jajanan.

 

Tempat Wisata di Jogja Terbaru

  • Sindu Kusuma Edupark : Wahana rekreasi keluarga, dibuka 20-12-2014, jadi masih relatif baru. Letaknya cukup dekat dengan pusat Kota Jogja.
  • Jogja Bay Waterpark : Waterpark dengan berbagai wahana air seru. Merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Kota Jogja.

Masih banyak lokasi wisata di Yogyakarta yang belum kami ulas di sini. Tapi, kami berusaha semaksimal mungkin untuk menambahkan ulasan objek wisata baru setiap beberapa hari sekali. Jika anda memiliki ulasan tentang salah satu tempat wisata di Yogyakarta dan sekitarnya, dan kebetulan tempat tersebut belum ada dalam daftar di atas ini, anda bisa mengirimkannya ke kami melalui email ke admin @ wisatajogja.org (hilangkan spasi). Jika memenuhi syarat, kami akan dengan senang hati mem-publish nya di situs ini. Jangan lupa sertakan identitas diri anda. Jika anda memiliki personal blog/website, kami akan dengan sedang hati memasang link dari artikel yang anda kirimkan ke personal blog/website anda.

Tips Untuk Memilih Objek Wisata

Di Kota Yogyakarta memang ada banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi. Tapi biasanya, para wisatawan mempunyai waktu terbatas. Karena itu, ada beberapa hal untuk dipertimbangkan saat membuat susunan tempat mana saja yang akan dikunjungi.

  • Jenis Tempat Wisata

Kita harus mempertimbangkan jenis tempat wisata. Jika kita memulai tour pagi hari, tempat-tempat wisata alam dapat menjadi pilihan paling pas. Sedangkan tempat berbelanja seperti Jalan Malioboro tentu saja kurang pas untuk dikunjungi pagi hari, karena masih sangat sepi dan para pedagang kaki lima belum datang.

  • Lokasi

Memang jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya, Yogyakarta relatif kecil dan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya bisa memakan waktu sangat singkat. Tapi pada musim liburan, jalanan biasanya sangat padat. Karena itu, sebaiknya kita merencanakan jadwal tour dengan memperhitungkan lokasi dari tempat-tempat yang ingin kita kunjungi. Jangan sampai tempat-tempat yang akan kita kunjungi dalam satu hari letaknya terlalu jauh satu sama lain. Contohnya, jika kita berencana untuk ke Pantai Baron, kemudian ke Kaliurang, dan setelah itu ke Candi Prambanan. Lokasi tempat-tempat tersebut di ujung selatan, utara, dan timur Kota Jogja. Dengan jadwal tour semacam ini, waktu kita akan habis untuk perjalanan. Untuk mencari tahu apakah tempat-tempat yang ingin kita kunjungi letaknya berdekatan atau berjauhan, kita bisa menggunakan Google Maps.

  • Karakteristik Tempat Wisata

Kita tidak boleh lupa untuk mempertimbangkan karakteristik tempat yang akan kita kunjungi, dan menyesuaikannya dengan peserta tour, entah itu teman-teman, saudara, atau anggota keluarga kita. Contohnya, jika kita ingin ke Goa Pindul, pastikan bahwa peserta rombongan kita memang orang-orang berjiwa petualang. Karena, bagi orang-orang yang tidak terlalu suka berpetualang, cave tubing bisa menjadi hal cukup menakutkan. Sedangkan jika mereka tidak ikut cave tubing, dan hanya berjalan-jalan di sekitar tempat itu, tidak banyak yang bisa dilihat/dinikmati. Contoh lainnya, kita harus menyesuaikan lokasi tujuan wisata dengan kondisi peserta tour. Ada tempat-tempat tertentu yang mengharuskan para pengunjung untuk berjalan cukup jauh dari parkiran sampai ke spot utamanya. Untuk tempat-tempat semacam ini, kita harus pastikan bahwa semua peserta tour dalam kondisi fit.