Sate Klathak Pak Pong

Kalau anda suka makan sate kambing, anda harus mencoba Sate Klathak Pak Pong. Ini adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi karena sangat unik dan rasanya juga lezat. Memang, rumah makan yang menjual sate klathak ini letaknya relatif jauh dari pusat Kota Jogja. Tapi, jalan yang dilewati biasanya relatif lancar sehingga perjalanan ke sana tidak memakan waktu yang lama, yaitu sekitar 35 menit saja. Berikut adalah peta menuju tempat yang menjual sate kambing ini:

Peta/Rute

Banyak orang yang penasaran, sebenarnya apakah sate klathak itu. Sate klathak adalah sate kambing. Yang membuatnya berbeda dari sate kambing biasa adalah bumbu dan cara membakar satenya. Bumbu sate klathak jauh lebih sederhana dibandingkan bumbu sate kambing biasa. Sate klathak bumbunya hanya terdiri dari garam, merica dan kecap saja. Sedangkan cara membakarnya, bukan menggunakan tusuk sate biasa yang terbuat dari bambu, tapi menggunakan jeruji yang terbuat dari besi. Penggunaan tusuk sate yang terbuat dari besi ini diyakini dapat membuat sate kambing matang dengan cara yang lebih merata.

Karena tusuknya juga ikut menjadi panas saat sedang dibakar, bagian dalam daging juga matang dengan sempurna. Walaupun hanya dibumbui dengan garam, merica dan kecap saja, sate ini rasanya lezat, karena dimakan dengan nasi putih yang disiram dengan kuah gulai. Sebenarnya di daerah kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta yang menjual sate klathak ada banyak, jadi bukan hanya Pak Pong saja. Tapi memang, Sate Klathak Pak Pong jauh lebih terkenal jika dibandingkan dengan tempat-tempat penjual sate klathak yang lainnya. Mungkin karena selain rasanya yang lezat, rumah makan ini juga relatif luas dan nyaman jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Rumah makan sate klathak Pak Pong buka dari pagi jam 10, sampai dengan malam jam 12.

Galeri Foto Sate Klathak Pak Pong

Coming soon. Kembali ke daftar tempat wisata kuliner di Jogja.