Pantai Pok Tunggal

Ada beberapa pantai di sekitar Kota Jogja yang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Tapi, Pantai Pok Tunggal tidak termasuk di dalamnya. Pantai ini memang relatif kurang terkenal jika dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya di wilayah Gunungkidul. Padahal, pantai yang satu ini menawarkan pesona pemandangan pantai yang luar biasa. Hamparan pasir putih, ditambah dengan tebing dan bebatuan karang yang mengelilinginya, membuat pantai yang letaknya relatif terpencil ini layak untuk dikunjungi saat berlibur. Lagipula, di manapun lokasi tempat wisata sekarang sudah tidak menjadi masalah karena kita dapat memanfaatkan gadget kita untuk menemukannya.

Berikut adalah rute dari pusat kota Yogyakarta menuju ke pantai ini:

Peta/Rute

Menurut peta di atas, jarak dari Tugu Jogja, yang sering dianggap sebagai pusat dari Kota Jogja, menuju ke Pantai Pok Tunggal sejauh sekitar 70 kilometer, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Perjalanan cukup lama karena medan yang harus dilalui cukup terjal dan menantang, ditambah dengan sempitnya jalan menuju ke pantai ini saat kita sudah hampir tiba di sana. Tapi, beratnya perjalanan akan langsung terbayar saat kita tiba di pantai ini. Keindahan pemandangan pantai yang menyambut kita akan membuat kita lupa tentang rasa lelah setelah perjalanan selama 2 jam lebih.

Selain bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan pantai, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan para wisatawan di pantai ini. Contohnya, para wisatawan yang gemar camping, bisa menyewa tenda dome dari penduduk sekitar, kemudian camping di sana. Suasana saat tidur di dalam tenda, di tepi pantai, ditemani suara deburan ombak tentu saja akan menjadi sesuatu yang sangat berkesan. Bagi para wisatawan yang ingin berlibur di pantai yang relatif bersih, Pantai Pok Tunggal dapat menjadi pilihan yang tepat.

Karena pantai ini masih baru dibuka dan cenderung lebih sepi jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, kebersihan pantai ini lebih terjaga dan pemandangannya pun terlihat lebih alami. Semua fasilitas standar objek wisata seperti toilet dan warung makan tersedia di pantai ini. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.