Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu objek wisata yang paling terkenal di kota Jogja. Pantai yang letaknya di sebelah selatan kota Jogja ini (dalam wilayah Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul) menawarkan keindahan pemandangan pantai. Pantai ini relatif dekat dari pusat kota Yogyakarta, dengan jarak hanya sekitar 30 kilometer saja. Jika anda naik mobil dan kondisi lalu lintas sedang lancar, anda hanya perlu menempuh perjalanan selama sekitar 45 menit saja, dan anda akan tiba disana.

Perjalanan menuju pantai ini sama sekali tidak membosankan. Ada 2 jalur yang dapat anda lalui untuk sampai di pantai ini. Anda dapat memilih jalur yang melewati Jl Parangtritis, atau jalur yang melewati daerah Imogiri. Tips : (Jika anda ingin cepat sampai, sebaiknya anda melewati rute Jl Parangtritis. Tapi jika anda ingin menikmati pemandangan yang indah walaupun sedikit lebih jauh, sebaiknya anda melewati rute yang melewati Imogiri).

Peta/Rute

Sebenarnya ada satu rute lagi menuju Pantai Parangtritis, yaitu melewati Jl Bantul. Tapi rute yang ini kurang populer. Ketiga rute menuju Pantai Parangtritis dapat anda lihat pada peta berikut:

 

Pilihan Aktivitas

Karena Pantai Parangtritis memang merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal, disana tersedia fasilitas yang lengkap, seperti parkir yang luas, WC umum, dan sebagainya. Dan tentunya, ada banyak aktivitas menyenangkan yang dapat anda lakukan disana.

  • Menikmati indahnya pemandangan pantai

Anda dapat bersantai di pinggir pantai, menikmati indahnya hamparan pasir, dan deru angin khas pantai. Anda juga dapat bermain air. Tapi, pengunjung dilarang berjalan terlalu jauh ke tengah atau berenang, karena berbahaya. Di bawah ombak pantai yang tenang sering terdapat pusaran ombak yang tentunya dapat mengancam keselamatan anda. Sudah banyak wisatawan yang menjadi korban pantai ini, karena mereka tidak mengindahkan larangan untuk berenang.

  • Menyewa Kereta Kuda / Dokar

Anda tidak harus berjalan kaki menyusuri pantai ini. JIka anda ingin menyusuri pantai ini tanpa kelelahan, anda dapat menyewa kereta kuda, atau yang sering disebut dokar.

  • Menyewa ATV

Jika berkeliling naik kereta kuda terasa kurang menantang, anda dapat menyewa ATV (All Terrain Vehicle). Anda tidak perlu khawatir jika sebelumnya anda belum pernah naik ATV, karena pengoperasiannya mirip dengan sepeda motor.

  • Paralayang

Aktivitas yang satu ini tentunya hanya cocok bagi para pengunjung yang berjiwa petualang. Jika anda memang berjiwa petualang dan pemberani, tidak ada salahnya jika anda mengunjungi Bukit Paralayang dan mencoba paralayang di Pantai Parangtritis.

  • Berfoto di Gumuk Pasir

Di Pantai Parangtritis terdapat kawasan gumuk pasir. Anda dapat memanfaatkan kawasan ini untuk berfoto. Dijamin anda akan tampak seakan-akan sedang berada di gurun pasir. Kawasan gumuk pasir ini sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara.

  • Berbelanja Souvenir

Di kawasan pantai ini terdapat banyak toko yang menjual berbagai macam souvenir serta oleh-oleh.

  • Menikmati Indahnya Sunset

Pantai Parangtritis adalah pantai yang sangat cocok untuk menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbenam. Dan sembari menikmati pemandangan yang indah tersebut, anda bisa menyantap jagung bakar. Anda tidak perlu membawa dan membakar jagung sendiri. Saat senja tiba, para penjual jagung bakar biasanya mulai berdatangan.

  • Menginap

Jika anda belum puas menikmati keindahan pantai ini, anda dapat menginap. Disana terdapat banyak penginapan dari yang tarifnya murah hingga yang tarifnya mahal. Jika anda ingin menikmati pemandangan yang romantis dan menakjubkan, pilihlah salah satu penginapan yang terletak di atas bukit.

Galeri Foto

Coming soon.