Pantai Kukup

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Untuk sampai ke pantai ini, dari Kota Jogja kita harus menempuh perjalanan selama sekitar 2 jam jika lalu lintas sedang lancar. Memang, jika diukur jaraknya, pantai ini hanya sekitar 60 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Tapi, kondisi lalu lintas dan karakteristik jalan yang harus dilalui membuat pantai ini seakan-akan jauh dari Kota Jogja. Berikut adalah peta menuju ke Pantai Kukup:

Peta/Rute

Pantai Kukup letaknya dekat dengan Pantai Baron, Pantai Krakal, dan beberapa pantai lainnya. Namun, dibandingkan dengan pantai-pantai di sekitarnya, pantai ini tergolong unik. Banyak yang berpendapat bahwa pantai ini menawarkan keindahan yang mirip dengan Tanah Lot di Bali. Ini karena di pantai ini terdapat sebuah batu karang besar yang letaknya agak ke tengah lautan, dan terpisah dengan daratan. Antara batu karang besar dan daratan dihubungkan dengan sebuah jembatan yang dibangun oleh pihak pengelola objek wisata ini. Batu karang besar tadi merupakan tempat yang paling strategis untuk menikmati indahnya hamparan pantai.

Seperti di pantai-pantai lain di wilayah tersebut, di Pantai Kukup terdapat banyak kios yang menjual berbagai macam souvenir. Namun, di pantai ini para pengunjung dapat membeli souvenir yang unik, yaitu ikan hias. Di pantai ini ada beberapa penjual ikan hias yang merupakan hasil tangkapan. Tapi sebenarnya, para pengunjung juga bisa menangkap ikan hias sendiri, karena seringkali mereka terjebak di antara batu karang saat ombak menghempas.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk (HTM) Pantai Kukup sudah termasuk dalam tiket yang dapat dibeli saat memasuki kawasan 8 pantai (Krakal, Baron, Kukup, Sepanjang, Sundak, Drini, Indrayanti (Pulang Syawal), dan Pok Tunggal), yaitu sebesar Rp. 9500 per orang.