Pantai Baru

Pantai BaruJika anda ingin pergi ke pantai saat liburan di Yogyakarta, tapi anda tidak mau menempuh perjalanan yang terlalu jauh dari pusat kota, Pantai Baru dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Jarak antara pantai ini dengan pusat kota Jogja hanya sekitar 36 kilometer saja, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Berikut adalah peta/rute menuju ke Pantai Baru:

Pantai Baru letaknya dekat dengan beberapa pantai lainnya, seperti Pantai Pengklik, Pantai Samas, Pantai Pandansari, Pantai Goa Cemara, Pantai Kwaru, dan Pantai Pandansimo. Jadi, anda dapat mengunjungi beberapa pantai sekaligus. Pantai Baru adalah tempat tujuan wisata yang cocok jika anda ingin menikmati hidangan seafood dengan suasana pantai yang khas. Di tempat wisata tersebut ada banyak rumah makan yang menjual beraneka ragam menu seafood seperti udang, kerang, cumi-cumi, dan ikan laut.

Di Pantai Baru anda juga bisa melihat beberapa perahu nelayan yang sedang "diparkir." Jika anda ingin sedikit "berpetualang," anda bisa menyewa ATV dan mengendarainya berkeliling di track yang sudah disediakan oleh pengelola. Tapi, hati-hati karena track tersebut dekat dengan tempat para pengunjung menggelar tikar untuk makan, dan sering ada pengunjung yang menyeberang untuk menuju ke pantai. Suasana di Pantai Baru memang suasana khas pantai. Tapi, jika anda ingin menikmati keindahan pantai, Pantai Baru bukan tujuan yang pas. Pengaturan di pantai ini terkesan semrawut, dan pantai terkesan kotor. Tentunya ini bukan murni kesalahan pengelola. Tampaknya pengunjung juga kurang memperhatikan kebersihan, dan banyak yang membuang sampah sembarangan.

Pantai yang satu ini justru lebih menarik untuk dikunjungi pada hari-hari biasa, karena relatif sepi, sehingga tidak terlalu semrawut. Dari segi fasilitas, tempat wisata ini cukup memadai. Ada area parkir untuk kendaraan. Selain itu, ada beberapa WC Umum dimana para wisatawan bisa mencuci kaki setelah bermain pasir, atau buang air kecil/besar. Karena toilet dikelola sendiri-sendiri oleh pemiliknya, para wisatawan yang memakai harus membayar, contohnya Rp. 2000 untuk buang air kecil. Jadi sebenarnya kurang tepat jika disebut sebagai fasilitas karena merupakan bisnis/usaha dari para pemiliknya, bukan sesuatu yang disediakan secara gratis untuk wisatawan, dan ada biaya tambahan. Satu hal unik yang bisa anda lihat di sekitar Pantai Baru adalah adanya banyak kincir angin berukuran kecil. Sangat cocok untuk dijadikan objek foto bagi para penggemar fotografi.

Galeri Foto Pantai Baru

Coming soon.