Museum Benteng Vredeburg

Siapapun yang menyukai tempat-tempat bersejarah tidak boleh melewatkan Museum Benteng Vredeburg saat mereka berkunjung ke Yogyakarta. Objek wisata yang satu ini menawarkan pesona arsitektur bangunan kuno, dan tentunya cerita-cerita yang menarik yang terjadi di masa lalu. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini merupakan sebuah benteng. Vredeburg dibangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1765. Dulu, benteng ini merupakan pertahanan Pemerintah Belanda dari serangan-serangan yang dilancarkan oleh Kraton Yogyakarta.

Seperti kebanyakan benteng peninggalan Belanda, Vredeburg berbentuk segi empat. Di keempat sudut benteng ini terdapat menara pengawas. Benteng ini juga dikelilingi parit yang tentu saja tujuannya untuk menghambat serangan dari musuh pada masa itu. Dulu, Benteng Vredeburg bernama Benteng Rustenburg yang artinya adalah benteng tempat untuk beristirahat. Tapi kemudian, sekitar tahun 1765, nama benteng ini diubah menjadi Benteng Vredeburg yang artinya benteng perdamaian. Sekarang Benteng Vredeburg telah berubah fungsinya menjadi sebuah museum.

Luas museum ini sekitar 2100 meter persegi. Koleksi yang dimiliki museum ini cukup banyak. Selain bangunan-bangunan kuno yang telah dipugar tanpa merubah bentuknya, ada banyak diorama yang menggambarkan perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah, dan koleksi benda-benda bersejarah seperti lukisan dan foto-foto. Museum Benteng Vredeburg buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00. Untuk hari Sabtu dan Minggu benteng ini buka sampai dengan pukul 15.00. Museum ini tutup setiap hari Senin dan hari libur nasional.

Fasilitas di museum ini cukup lengkap. Di museum ini tersedia ruang pertunjukan, ruang seminar, perpustakaan, ruang audio visual, ruang tamu, mushola dan kamar mandi. Bagi para pengunjung tersedia hotspot gratis. Pengunjung yang ingin mengetahui sejarah benteng dengan detil dapat menggunakan jasa pemandu yang tersedia di sana. Berikut adalah peta yang menunjukkan lokasi objek wisata ini. Letak objek wisata ini cukup dekat dengan Jalan Malioboro, Kraton Yogyakarta, dan Taman Pintar.

Peta/Rute

Galeri Foto

Coming soon.