Gunung Purba Nglanggeran

Mungkin Anda sudah sering melihat orang-orang di social media sharing foto-foto Gunung Purba Nglanggeran. Memang jika melihat foto-foto tersebut, keinginan untuk berwisata ke lokasi ini semakin tak terbendung. Objek wisata alam ini letaknya sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Jarak ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam jika menggunakan kendaraan pribadi dan lalu lintas lancar. Berikut adalah rute menuju objek wisata alam ini:

Peta/Rute

Sesuai dengan namanya, "gunung api purba," memang Nglanggeran merupakan gunung berapi yang aktif puluhan juta tahun yang lalu. Tapi sekarang, gunung berapi ini sudah tidak aktif lagi, dan tentunya Anda tak perlu terlalu khawatir jika hendak berwisata ke kawasan ini. Jika Anda adalah seorang wisatawan yang merupakan pecinta alam, maka gunung purba Nglanggeran ini merupakan objek wisata wajib untuk dikunjungi. Anda dapat mendaki gunung ini hingga ke puncaknya. Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki sampai ke puncak sekitar 1 sampai dengan 1,5 jam. Saat sudah tiba di puncaknya, Anda akan mendapatkan suguhan pemandangan yang benar-benar menakjubkan, karena sangat indah. Tetapi saran dari kami, jangan lupa jika Anda hendak mendaki Nglanggeran, gunakan sepatu trekking, jangan sandal jepit ya! Waktu yang tepat untuk berangkat adalah sore hari, nanti Anda bisa camping semalam, kemudian melihat sunrise dari puncak saat pagi hari tiba. Itu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas

Sebagai objek wisata, tentunya Gunung Purba Nglanggeran dilengkapi dengan fasilitas untuk para pengunjungnya. Berikut adalah daftar fasilitas yang tersedia:

  • Pos Kesehatan
  • WC/Kamar Mandi
  • Tempat Ibadah
  • Camping Ground
  • Home Stay

HTM Gunung Purba Nglanggeran

Untuk Harga Tiket Masuk, seperti biasa, seperti wisata alam lainnya, tidak akan menguras dompet. Anda cukup membayarkan Rp. 7.000 jika datang sore hari. Sementara untuk HTM pagi hari lebih mahal, tetapi tidak berbeda jauh, yakni Rp. 9.000. Tetapi harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Jika Anda bingung hendak melakukan apa saja saat berkunjung ke sini, maka Anda dapat mencoba paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola di sana. Tentunya dengan biaya tambahan. Informasi lebih lanjut mengenai objek wisata ini tersedia di gunungapipurba.com.