Candi Borobudur

Salah satu hal yang menyenangkan di Wisata Alam Kalibiru adalah adanya spot foto yang super keren, yang akan kami bahas setelah ini. Lokasi wisata ini sendiri ada pada ketinggian 450 Meter dpl pada perbukitan Menoreh, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Kalibiru sendiri didominasi perbukitan dan di dalam areal hutan lindung.

Peta/Rute

Anda dapat menggunakan 2 rute, rute Sermo atau rute Clereng. Namun kami akan memberikan informasi salah satu rutenya saja. Kami sendiri merekomendasikan rute Clereng, karena medan yang Anda tempuh tak seberat rute Sermo, selain itu waktu tempuhnya pun lebih cepat. Untuk melalui rute Clereng, jika berangkat dari kota Yogyakarta, ambillah jalur Sentolo – Pengasih, namun pada perempatan, Anda ambil ke arah kanan yang menuju Clereng – Kalibiru. Hati-hati! Jangan sampai terlewat. Sesudah tiba di lokasi pasar (Kecil) Clereng, kurang lebih 300 M, Anda akan menemukan jembatan, lokasinya persis pada tikungan. Sesudah jembatan, kurang lebih 20 M, ada plang kecil petunjuk arah untuk ke Kalibiru, petunjuk arah belok ke kiri.

Pohon Foto

Di wisata Kalibiru sudah disediakan spot foto untuk yang gemar narsis, atau ingin berfoto romantis bersama pasangan. Spot foto tersebut tidak lain dikenal sebagai “Pohon foto”. Jadi sesuai namanya, ini merupakan spot foto di sebuah pohon, yang telah dipasang papan kayu, bisa untuk berdiri maupun duduk. Tentunya, yang menarik di pohon foto adalah background perbukitan dan bendungan Sermo. Selain pohon foto, juga ada fasilitas lainnya yang tidak kalah menarik, yakni jembatan kayu, panjat batu, berjalan di tali tunggal, berjalan di atas jaring, flying fox, juga ada fasilitas bermain dengan bergelantung pada seutas tali kemudian meluncur ke bawah - Lalu mendarat di papan atas pohon. Semua permainan tersebut sangat cocok untuk Anda yang ingin wisata alam namun juga menikmati wisata adventure yang dapat memacu adrenaline. Khususnya untuk anak muda.

Jalur Trekking dan Kuliner

Aktivitas menarik lainnya yang tak boleh terlewatkan yakni melewati jalur trekking yang sudah disediakan, dan yang terpenting untuk menggunakan fasilitas jalur trekking ini GRATIS! Terakhir, sudah pasti Anda dan keluarga akan merasa lapar setelah bermain dan menikmati pesona alam Kalibiru, Anda bisa menikmati kuliner di lokasi tersebut. Ada banyak warung yang menggunakan konsep kafe, bahkan juga ada warung lesehan. Jangan lupa siapkan uang tambahan untuk membeli makanan dan minuman di sini, jika Anda tak menyiapkan bekal sendiri dari rumah.

HTM Wisata Alam Kalibiru

Dengan tiket masuk yang hanya sebesar Rp 3.000 saja Anda sudah bisa memasuki kawasan Wisata Alam Kalibiru ini.

Taman Pintar Jogja merupakan solusi bagi Anda yang ingin membawa anak berwisata ke tempat yang mendidik. Di tempat wisata Jogja ini, tersedia wahana bermain dan sekaligus tempat belajar yang tepat bagi anak-anak, yang memang disediakan oleh pemerintah DIY sendiri. Sebelum membahas lebih jauh tentang objek wisata ini, mari ketahui terlebih dahulu lokasi, jam buka, dan harga tiket masuk (HTM) nya.

Taman Pintar Yogyakarta

Berlokasi di Jl. Panembahan Senopati 1 – 3, sekitar 10 menit dari pusat kota Yogyakarta (Tugu Jogja).

Jam Buka

  • Selasa – Minggu: 09:00 – 16:00 WIB
  • Hari Senin dan hari libur nasional tutup

Harga Tiket Masuk

  1. Gedung PAUD: Anak usia 2 s/d 7 tahun Rp. 3.000,00
  2. Planetarium: Rp. 15.000,00
  3. Wahana theater 3D
    • Dewasa atau Umum: Rp. 20.000,00 per orang
    • Pelajar: Rp. 15.000,00 per orang
    • Rombongan: Rp. 15.000,00 per orang (Dengan minimal 20 orang)
  4. Wahana Bahari
    • Umum: Rp. 4.000,00 per orang
  5. Kreasi batik: Rp. 5.000,00 per orang
  6. Kreasi Gerabah: Rp. 5.000,00 per orang
  7. Lukis kaos
    • Umum (Anak): Rp. 30.000,00
    • Umum (Dewasa): Rp. 40.000,00
  8. Lukis gerabah: Rp. 10.000,00 per orang
  9. Hand on Science: Rp. 5.000,00 per orang
  10. Presenter TV: Rp. 10.000,00 per orang

Gedung Kotak

Salah satu objek yang menarik di Taman Pintar ini bernama "Gedung Kotak". Di dalam gedung ini ada fasilitas bioskop empat dimensi, yang bisa dinikmati tidak hanya oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Dengan harga tiket masuk yang cukup murah, seperti disebutkan di atas, Anda sudah dapat menonton 1 film. Tentunya nuansa yang Anda dapatkan ketika menonton film 4D ini berbeda dibandingkan ketika Anda menonton bioskop maupun menonton DVD di rumah. Jika penasaran, Anda bisa mencoba sendiri nanti ketika berkunjung ke Taman Pintar ini. Sekian artikel tentang Taman Pintar Jogja. Selamat berlibur!

Sindu Kusuma EduparkSindu Kusuma Edupark adalah salah satu objek wisata terbaru di Jogja. Objek wisata ini baru dibuka pada akhir tahun 2014 lalu. Letak objek wisata ini cukup dekat dari pusat kota Yogyakarta, hanya sekitar 3 kilometer saja dari Tugu Jogja. Berikut adalah rute menuju objek wisata ini:

Peta/Rute

Sesuai dengan namanya, objek wisata ini menawarkan hiburan yang digabungkan dengan edukasi. Tapi, wahana-wahana yang ada di tempat ini sama sekali bukan wahana-wahana yang membosankan. Bahkan, bisa dibilang wahana-wahana yang ada sangat seru. Contohnya, ada Ferris Wheel setinggi 48 meter, yang diberi nama Cakra Manggilingan. Dari atas roda raksasa ini, para pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan sekitar. Jika dilihat dari nama-nama wahana yang tersedia, tampaknya pihak pengelola berusaha memberikan nama-nama bahasa Jawa agar terdengar unik.

Wahana Sindu Kusuma Edupark

Berikut adalah wahana-wahana yang ada di objek wisata ini:

  • Cakra Manggilingan (Ferris Wheel)
  • Panggon Lunjak (Trampolin)
  • Kursi Mabur (Flying Chair)
  • Sepur Kluthuk (Kereta Mini)
  • Sepeda Mabur (Flying Bicycle)
  • Komidi Puter (Komidi Putar)
  • Roti Puter (Wahana berputar berbentuk cangkir)
  • Dino Park (Wahana bermain dilengkapi dengan cafetaria)
  • 7D Sinema (Cinema 7 D)
  • ATV (All Terrain Vehicle)
  • Cleret Gandul
  • Mobil Listrik

Untuk dapat menikmati serunya wahana-wahana di atas para pengunjung harus membayar Rp. 10.000 - Rp. 50.000.

HTM

Harga tiket masuk ke Sindu Kusuma Edupark sebesar Rp. 15.000 per orang. Anak dengan tinggi di bawah 80 cm dan manula di atas 65 tahun diperbolehkan masuk secara gratis. Sebagai catatan saja, harga tiket masuk ini benar-benar hanya untuk masuk. Untuk wahana-wahana yang ada di dalam dikenakan biaya tambahan yang bervariasi, mulai dari Rp. 10.000 - Rp. 50.000. Tarif dapat berubah sewaktu-waktu. Informasi yang lebih lengkap mengenai objek wisata ini tersedia di kusuma-edupark.com.

Galeri Foto

Coming soon. Foto-foto dari kusuma-edupark.com.

Sebagian besar objek wisata di Jogja buka dari pagi hingga sore atau malam hari. Tapi, ada yang buka hanya dari sore hingga malam hari saja. Objek wisata ini bernama Taman Pelangi. Di Taman Pelangi para pengunjung dapat melihat berbagai lampion yang indah, yang tentunya keindahannya hanya dapat dinikmati saat hari sudah mulai gelap. Berikut adalah rute menuju objek wisata ini:

Peta/Rute

Taman Pelangi letaknya tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Objek wisata ini lokasinya sekitar 6,5 kilometer dari Tugu Jogja, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit saja. Lampion adalah daya tarik utama Taman Pelangi. Di objek wisata ini, para pengunjung dapat menikmati indahnya lampion dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik. Lampion-lampion yang ada di objek wisata ini ditata dengan kreatif. Ada yang digantung, menancap pada tanah, menempel di dinding, atau diletakkan berbaris.

Suasana sore atau malam hari yang sudah gelap, dipadukan dengan cahaya dari berbagai lampion yang unik, menciptakan suasana yang damai dan romantis. Jadi, tidak heran jika banyak pengunjung yang memanfaatkan objek wisata ini sebagai tempat bersantai sembari berpiknik. Memang lampion adalah daya tarik yang menjadi andalan Taman Pelangi. Tapi, itu tidak berarti bahwa objek wisata ini hanya menyuguhkan berbagai macam lampion saja. Masih ada banyak wahana menarik yang dapat dicoba oleh para pengunjung, seperti perahu dayung, bom bom car, trampolin, dan sebagainya. Objek wisata ini juga menyediakan food court dengan menu yang beragam, dan rata-rata harganya sangat terjangkau.

HTM Taman Pelangi

Rp 10.000 (Senin-Jumat), Rp 15.000 (Sabtu dan Minggu). Buka setiap hari mulai pukul 17.00 sampai dengan pukul 23.00.

Sebenarnya di sekitar kota Yogyakarta ada banyak sekali pantai yang indah. Tapi, ada beberapa yang justru malah jarang dibahas dan kurang terkenal, padahal sangat unik. Salah satu pantai yang indah dan unik di sekitar Kota Jogja adalah Pantai Wedi Ombo. Siapapun yang mengerti bahasa Jawa pasti tahu arti dari nama pantai ini. Wedi adalah pasir, dan ombo artinya luas. Jadi nama pantai ini berarti hamparan pasir yang luas. Tapi sebenarnya, hamparan pasir di pantai ini justru tidak terlalu luas jika dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pantai yang satu ini justru dipenuhi dengan bukit batuan karang. Tapi, ada satu hal yang dimiliki oleh pantai ini, dan tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Di pantai ini terdapat semacam kolam renang alami yang letaknya di pinggir pantai, yang dibatasi oleh batu karang. Kolam tersebut menjadi tempat berenang favorit para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Berikut adalah peta/rute menuju Pantai Wedi Ombo:

Peta/Rute

Pantai Wedi Ombo terletak di daerah Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta ke lokasi pantai ini memakan waktu sekitar 2,5 jam, dengan jarak sekitar 77 kilometer. Tapi, di saat liburan dan jalanan padat, perjalanan menuju ke pantai ini bisa menjadi lebih lama. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena menggunakan kendaraan umum sangat merepotkan. Selain itu, memang tidak banyak kendaraan umum yang tersedia.

Selain berenang di kolam renang alami yang unik, di Pantai Wedi Ombo para pengunjung bisa memancing dari atas batu karang. Dulu, hanya penduduk setempat yang memancing di tempat tersebut. Tapi sekarang, spot memancing tersebut sering dipenuhi para penggemar memancing yang berasal dari daerah lain, yang memang khusus datang untuk memancing sambil berwisata. Walaupun pantai ini relatif sepi jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang lebih terkenal, di pantai ini tersedia fasilitas yang cukup lengkap. Tersedia kamar mandi, mushola, dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi para pengunjung.