Bakmi Mbah Mo

Bagi para penggemar wisata kuliner, Kota Jogja adalah tujuan wisata yang pas. Kota ini menyediakan banyak pilihan kuliner yang lezat. Salah satu tempat berwisata kuliner yang wajib untuk dikunjungi adalah Bakmi Mbah Mo. Sesuai dengan namanya, warung makan ini menjual mie atau bakmi. Walaupun sederhana dan letaknya agak jauh dari pusat Kota Jogja, warung bakmi ini sangat terkenal. Bahkan, di saat liburan, biasanya warung bakmi ini area parkirnya dipenuhi mobil-mobil dengan plat nomor dari luar kota Yogyakarta. Berikut adalah peta menuju Bakmi Mbah Mo di Desa Code, Bantul:

Peta/Rute

Perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta ke lokasi warung Bakmi Mbah Mo memakan waktu sekitar 40 menit, jika kondisi lalu lintas sedang lancar. Rute menuju warung bakmi ini mengikuti Jl Parangtritis ke arah selatan, kemudian belok ke kanan pada gapura “Manding Sentra Kerajinan Kulit.” Arah selanjutnya menuju ke warung bakmi ini dapat dilihat dengan lebih jelas di peta dari Google Maps yang kami sematkan di atas. Letak warung bakmi ini sedikit berbeda dari warung bakmi pada umumnya. Warung bakmi ini tidak terletak di pinggir jalan besar, melainkan di tengah perkampungan. Tapi, ini justru memberikan nuansa yang unik. Dan walaupun letaknya di perkampungan, tersedia area parkir yang dapat menampung cukup banyak kendaraan.

Seperti kebanyakan warung bakmi yang ada di Jogja, warung Bakmi Mbah Mo buka pada sore hari, sekitar jam 5 sore. Tapi, karena memang sudah terkenal, biasanya tepat saat warung baru buka, sudah ada beberapa pembeli yang datang. Menu yang tersedia di warung bakmi ini adalah menu standar warung bakmi, yaitu Bakmi Godog, Bakmi Goreng, dan Bakmi Nyemek (bakmi goreng dengan sedikit kuah). Tapi rasanya, benar-benar spesial. Karena rasanya yang lezat ini lah para pembeli rela mengantri (seringkali cukup lama) untuk menikmatinya.

Harga menu makanan Rp 12.000 - Rp 20.000. Menu minuman yang tersedia di warung bakmi ini cukup beragam. Para pembeli dapat memilih dari beberapa jenis minuman yang tersedia, di antaranya teh panas, teh jahe, jeruk panas, wedang jahe, kopi, dan wedang uwuh.