Bakmi Jawa Pak Pele

Waroeng SS Spesial SambalKalau anda suka makanan yang pedas, anda harus mencoba makan di Waroeng SS Spesial Sambal di Yogyakarta. Memang, sebenarnya Waroeng SS sudah ada di lebih dari 20 kota di Indonesia, jadi mungkin anda sudah pernah mencoba, atau setidaknya pernah melihatnya. Tapi, Jogja lah asal rumah makan yang menyediakan berbagai sambal dan lauk pauk ini. Jadi, tentunya mengunjungi Waroeng SS di Kota Jogja akan memberikan nuansa yang berbeda.

Sesuai dengan namanya, di Waroeng SS Spesial Sambal anda bisa memesan berbagai jenis sambal. Ada sambal belut, sambal teri, sambal tempe, sambal pete, sambal terasi, dan masih banyak lagi. Dan tentunya, anda juga bisa memesan berbagai jenis lauk. Lauk yang tersedia di rumah makan ini cukup lengkap, ada ayam, tempe, tahu, cumi, jamur, perkedel, bebek, ikan pindang, dan sebagainya. Menu minuman juga beragam, ada berbagai jenis jus dan minuman dingin/panas. Dari segi harga, rumah makan ini cukup terjangkau. Jadi, tidak heran jika setiap hari hampir setiap cabang rumah makan ini dipenuhi oleh pembeli.

Peta/Lokasi Waroeng SS Yogyakarta

Menemukan Waroeng SS Spesial Sambal di Kota Jogja sangat mudah jika anda membawa gadget anda. Anda bisa langsung membuka Google Maps, dan mengetikkan Waroeng SS. Maka, seluruh cabang rumah makan ini akan langsung ditampilkan seperti di atas ini. Anda tinggal memilih saja lokasi yang paling dekat dengan lokasi anda. Jika anda kebetulan sedang berjalan-jalan di dekat Jogja City Mall, anda sangat beruntung karena di mall tersebut juga ada cabang Waroeng SS. Rumah makan Waroeng SS Spesial Sambal ini memang ahlinya makanan pedas. Tapi, ini tidak berarti bahwa mereka yang tidak suka ataupun tidak tahan pedas tidak bisa makan di sini. Di rumah makan ini yang pedas hanya lah sambalnya. Sedangkan lauk pauknya, seperti ayam goreng, tempe goreng, ikan goreng, sapi goreng, dan sebagainya, tidak dibumbui pedas. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke rumah makan ini mengajak anak anda yang masih kecil atau mungkin saudara yang tidak suka pedas. Mereka bisa makan makanan yang tanpa sambal.

Galeri Foto Waroeng SS Spesial Sambal

Kembali ke halaman Wisata Kuliner Jogja.

Kalau anda suka makan sate kambing, anda harus mencoba Sate Klathak Pak Pong. Ini adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi karena sangat unik dan rasanya juga lezat. Memang, rumah makan yang menjual sate klathak ini letaknya relatif jauh dari pusat Kota Jogja. Tapi, jalan yang dilewati biasanya relatif lancar sehingga perjalanan ke sana tidak memakan waktu yang lama, yaitu sekitar 35 menit saja. Berikut adalah peta menuju tempat yang menjual sate kambing ini:

Peta/Rute

Banyak orang yang penasaran, sebenarnya apakah sate klathak itu. Sate klathak adalah sate kambing. Yang membuatnya berbeda dari sate kambing biasa adalah bumbu dan cara membakar satenya. Bumbu sate klathak jauh lebih sederhana dibandingkan bumbu sate kambing biasa. Sate klathak bumbunya hanya terdiri dari garam, merica dan kecap saja. Sedangkan cara membakarnya, bukan menggunakan tusuk sate biasa yang terbuat dari bambu, tapi menggunakan jeruji yang terbuat dari besi. Penggunaan tusuk sate yang terbuat dari besi ini diyakini dapat membuat sate kambing matang dengan cara yang lebih merata.

Karena tusuknya juga ikut menjadi panas saat sedang dibakar, bagian dalam daging juga matang dengan sempurna. Walaupun hanya dibumbui dengan garam, merica dan kecap saja, sate ini rasanya lezat, karena dimakan dengan nasi putih yang disiram dengan kuah gulai. Sebenarnya di daerah kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta yang menjual sate klathak ada banyak, jadi bukan hanya Pak Pong saja. Tapi memang, Sate Klathak Pak Pong jauh lebih terkenal jika dibandingkan dengan tempat-tempat penjual sate klathak yang lainnya. Mungkin karena selain rasanya yang lezat, rumah makan ini juga relatif luas dan nyaman jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Rumah makan sate klathak Pak Pong buka dari pagi jam 10, sampai dengan malam jam 12.

Galeri Foto Sate Klathak Pak Pong

Coming soon. Kembali ke daftar tempat wisata kuliner di Jogja.

Jadah Tempe Mbah CarikDi Yogyakarta ada banyak sekali tempat makan yang menyediakan berbagai menu makanan yang lezat. Salah satu tempat berwisata kuliner di Jogja yang tergolong unik adalah warung Jadah Tempe Mbah Carik. Sesuai dengan namanya, warung ini memang menjual jadah (makanan yang terbuat dari beras ketan) dan tempe. Selain tempe, juga tersedia tahu. Tahu dan tempe diolah dengan cara dibacem. Jadi, menu jadah tempe ini menyajikan perpaduan yang lezat antara gurihnya jadah dan manisnya tempe atau tahu bacem.

Menu ini bukanlah menu makanan utama seperti gudeg. Menu jadah tempe ini lebih cocok untuk dijadikan camilan sambil menikmati kopi atau teh panas. Sebenarnya bukan hanya warung Mbak Carik yang menjual jadah tempe di daerah Kaliurang. Tapi, memang warung ini yang paling terkenal. Berikut adalah peta/rute menuju tempat wisata kuliner ini:

Peta/Rute

Perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta (Tugu) menuju ke warung jadah tempe ini memakan waktu sekitar 35 menit jika lalu lintas lancar. Biasanya, para wisatawan yang datang ke warung ini sekedar mampir, karena mereka langsung menuju ke Kaliurang, yang merupakan salah satu objek wisata alam paling terkenal di Kota Jogja. Harga jadah tempe relatif murah. Bagi mereka yang ingin menikmati jadah tempe tanpa harus jauh-jauh ke Kaliurang, ada cabang Jadah Tempe Mbah Carik yang letaknya di kota, yaitu di Jl. Affandi.

Daftar Harga Warung Jadah Tempe Mbah Carik

Paket Jadah Tempe

1. Jadah 10 Tempe 10 (Rp. 20.000)

2. Jadah 10 Tempe 5 (Rp. 15.000)

3. Jadah 5 Tempe 5 (Rp. 10.000)

4. Jadah 10 (Rp. 10.000)

5. Tempe 10 (Rp. 10.000)

6. Tahu 10 (Rp. 12.000)

7. Wajik 10 (Rp. 10.000)

Paket Jadah Tahu Tempe

1. Jadah 10 Tempe 5 Tahu 5 (Rp. 21.000)

2. Jadah 5 Tempe 5 Tahu 5 (Rp. 16.000)

Paket Jadah Tahu

1. Jadah 10 Tahu 10 (Rp. 22.000)

2. Jadah 10 Tahu 5 (Rp. 16.000)

3. Jadah 5 Tahu 5 (Rp. 11.000)

* Harga bulan Oktober 2016

Galeri Foto

Coming soon.

Jika anda ingin mencoba wisata kuliner Jogja yang agak jauh dari pusat kota, salah satu yang harus anda coba adalah Mie Ayam Goreng Mekaton di Seyegan. Perjalanan dari pusat kota Jogja ke rumah makan yang menjual mie ayam goreng ini sejauh sekitar 15 kilometer, dan memakan waktu sekitar 40 menit jika lalu lintas sedang lancar. Berikut adalah rute menuju Mie Ayam Goreng Mekaton (Bu Wahid):

Peta/Rute

Perjalanan menuju rumah makan mie ayam ini cukup menyenangkan. Jika anda bosan dengan pemandangan di kota, anda bisa menikmati indahnya hamparan sawah yang membentang hampir di sepanjang perjalanan. Mie Ayam Goreng Mekaton SayeganMungkin dari namanya anda sudah bisa menebak, apa itu mie ayam goreng. Mie ayam goreng adalah mie ayam, tapi tanpa kuah, karena itu lah disebut mie ayam goreng. Rasanya? Sudah pasti lezat, dengan paduan yang pas antara rasa manis dan gurih.

Jika anda penggemar makanan pedas, tinggal campurkan saja sambal yang tersedia di meja. Harga mie ayam goreng ini relatif murah, yaitu Rp 9.000 per porsi (update 31 Juli 2016, harga menjadi Rp. 10.000 per porsi). Di rumah makan ini juga tersedia mie ayam biasa (kuah), dengan harga yang sama. Jika anda ingin mencicipi mie ayam disini, sebaiknya anda jangan datang terlalu siang, karena pasti sudah habis. Kalaupun belum habis, anda pasti harus mengantri. Waktu yang pas untuk menikmati mie ayam ini adalah di pagi hari, sekitar jam 8.30.  

 

Penilaian Menurut Penulis

Rasa : 8

Kebersihan : 7

Harga : 8

Galeri Foto

Coming soon.

Bagi para penggemar wisata kuliner, Kota Jogja adalah tujuan wisata yang pas. Kota ini menyediakan banyak pilihan kuliner yang lezat. Salah satu tempat berwisata kuliner yang wajib untuk dikunjungi adalah Bakmi Mbah Mo. Sesuai dengan namanya, warung makan ini menjual mie atau bakmi. Walaupun sederhana dan letaknya agak jauh dari pusat Kota Jogja, warung bakmi ini sangat terkenal. Bahkan, di saat liburan, biasanya warung bakmi ini area parkirnya dipenuhi mobil-mobil dengan plat nomor dari luar kota Yogyakarta. Berikut adalah peta menuju Bakmi Mbah Mo di Desa Code, Bantul:

Peta/Rute

Perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta ke lokasi warung Bakmi Mbah Mo memakan waktu sekitar 40 menit, jika kondisi lalu lintas sedang lancar. Rute menuju warung bakmi ini mengikuti Jl Parangtritis ke arah selatan, kemudian belok ke kanan pada gapura “Manding Sentra Kerajinan Kulit.” Arah selanjutnya menuju ke warung bakmi ini dapat dilihat dengan lebih jelas di peta dari Google Maps yang kami sematkan di atas. Letak warung bakmi ini sedikit berbeda dari warung bakmi pada umumnya. Warung bakmi ini tidak terletak di pinggir jalan besar, melainkan di tengah perkampungan. Tapi, ini justru memberikan nuansa yang unik. Dan walaupun letaknya di perkampungan, tersedia area parkir yang dapat menampung cukup banyak kendaraan.

Seperti kebanyakan warung bakmi yang ada di Jogja, warung Bakmi Mbah Mo buka pada sore hari, sekitar jam 5 sore. Tapi, karena memang sudah terkenal, biasanya tepat saat warung baru buka, sudah ada beberapa pembeli yang datang. Menu yang tersedia di warung bakmi ini adalah menu standar warung bakmi, yaitu Bakmi Godog, Bakmi Goreng, dan Bakmi Nyemek (bakmi goreng dengan sedikit kuah). Tapi rasanya, benar-benar spesial. Karena rasanya yang lezat ini lah para pembeli rela mengantri (seringkali cukup lama) untuk menikmatinya.

Harga menu makanan Rp 12.000 - Rp 20.000. Menu minuman yang tersedia di warung bakmi ini cukup beragam. Para pembeli dapat memilih dari beberapa jenis minuman yang tersedia, di antaranya teh panas, teh jahe, jeruk panas, wedang jahe, kopi, dan wedang uwuh.