Angkringan Kopi Joss

Jika kita bertanya kepada orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke Yogyakarta, sebagian besar akan mengatakan bahwa yang istimewa dari kota ini adalah suasananya. Memang benar. Ada tempat-tempat tertentu di Kota Jogja yang suasananya khas dan tidak dapat kita temukan di kota-kota lainnya. Jika anda ingin nongkrong sambil merasakan suasanya Yogyakarta yang sesungguhnya, anda bisa coba ke Angkringan Kopi Joss, yang juga dikenal dengan sebagai Angkringan Lik Man. Sebenarnya angkringan ini mirip dengan angkringan-angkringan lainnya di Yogyakarta. Hanya saja, karena sudah terkenal, angkringan ini sangat ramai, sehingga menempati area trotoar yang cukup panjang. Selain itu, angkringan yang satu ini menawarkan menu yang unik, yaitu Kopi Joss. Angkringan Kopi Joss sudah terkenal sampai ke luar kota. Buktinya, banyak wisatawan yang datang ke angkringan ini, hanya karena mereka merasa penasaran, sebenarnya Kopi Joss itu rasanya seperti apa.

Sebenarnya Kopi Joss adalah kopi tubruk (kopi dengan ampas) biasa. Yang membuat menjadi luar biasa adalah ditambahkannya arang membara. Dan saat arang tersebut masuk ke dalam gelas yang berisi kopi, timbullah suara Joss! Lalu apa fungsi arang tersebut? Entahlah. Saya sendiri tidak bisa membayangkan siapa orang yang pertama kali iseng-iseng memasukkan arang membara ke dalam segelas kopi. Yang jelas, kopi unik ini sudah disajikan di Angkringan Lik Man sejak tahun 1960 an. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa kopi ini aman untuk diminum (sejak tahun 1960an sudah diminum ratusan atau mungkin ribuan orang :D ) dan semuanya masih baik-baik saja. Bahkan, ada banyak orang yang beranggapan bahwa kopi ini berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut. Dari segi rasa, sebenarnya Kopi Joss mirip dengan kopi tubruk biasa. Hanya saja, mungkin karena dicampur dengan arang yang membara, ada sedikit aroma terbakar, dan menambah mantapnya rasa kopi. Seperti angkringan pada umumnya, di angkringan Kopi Joss tersedia berbagai makanan seperti sego kucing (nasi kucing), aneka gorengan, dan aneka sate.

Bagi yang tidak suka minum kopi, tersedia teh, teh jahe, susu jahe, dan berbagai minuman instant dalam kemasan sachet. Dari segi harga, tempat berwisata kuliner ini sangat terjangkau karena hampir sama dengan harga menu di angkringan biasa. Angkringan Kopi Joss buka sore hari, sekitar jam 17.00 sampai dengan tengah malam. Berikut adalah peta lokasi angkringan ini. Angkringan ini sangat mudah untuk ditemukan karena letaknya persis di sebelah utara Stasiun Tugu dan sangat dekat dari Jalan Malioboro :

Peta/Rute

Entah kenapa di Google Map di atas justru Angkringan Lik Man tidak tampil. Yang jelas, letaknya masih sederet dengan Kopi Joss lainnya dan anda pasti dapat menemukannya. Memang selain Angkringan Lik Man, ada beberapa angkringan lainnya di tempat tersebut yang menjual menu andalan Kopi Joss.