Air Terjun Sri Gethuk

Ada banyak tempat wisata alam di sekitar Kota Jogja yang bisa anda kunjungi saat berlibur. Jika anda ingin melihat air terjun, anda harus coba mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk. Objek wisata alam yang satu ini walaupun masih relatif baru, sudah sangat terkenal. Bahkan, banyak wisatawan dari luar kota yang datang khusus untuk melihat air terjun ini. Dari pusat Kota Jogja, memang letak air terjun ini cukup jauh, yaitu sekitar 36 kilometer, dan perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Perjalanan yang cukup jauh tersebut tidak akan sia-sia karena memang objek wisata ini menawarkan keindahan yang unik. Berikut adalah peta menuju Air Terjun Sri Gethuk:

Peta/Rute

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, yang masuk dalam wilayah Kabupaten Gunungkidul. Lokasi air terjun ini tersembunyi di antara tebing-tebing karst. Dan karena air terjun ini tersembunyi, untuk sampai ke lokasinya, anda harus menyusuri Sungai Oya naik perahu tradisional yang terbuat dari papan dan drum bekas, yang memang disediakan oleh pengelola tempat wisata ini. Jika anda tidak ingin naik rakit, anda bisa berjalan menyusuri jalan setapak dengan pemandangan yang menawan, namun tentunya cukup melelahkan. Aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi air terjun ini tidak hanya sebatas bermain air di sekitar air terjun saja. Anda juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih menantang, seperti cliff jumping, dan river tubing.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk (HTM) ke Air Terjun Sri Gethuk sebesar Rp. 7000 per orang. Tarif untuk naik rakit mengarungi Sungai Oya Rp. 10.000 per orang. Objek wisata air terjun ini buka pukul 06.00 - 17.00 WIB.